Monday, July 23, 2018

YUK, KEMBANGIN IDE YANG KITA MILIKI


Ide? Apa sih ide itu? Sederhananya aja ya, ide adalah gagasan. Yes gagasan! dimana gagasan itu memiliki peran penting di dalam kehidupan, mulai dari kalangan anak-anak, remaja maupun dewasa. Untuk anak sekolah, kuliah maupun dunia kerja.

Ada banyak orang yang memiliki ide, ide setiap orang itu berbeda-beda. Tak jarang dari ide pula bisa menimbulkan konflik antar sesama. Nah ngomongin ide, pasti ada nih dari pembaca sekalian yang sudah punya ide tapi takut untuk ngembanginnya.. tenang aja, gak ada salahnya kok untuk membuat suatu gagasan yang baru. Jangan cuma itu-itu aja! Jangan cuma ikutin yang sudah ada! Ayo, selangkah lebih maju.  Sekalipun ide kamu banyak pro dan kontra nya.

Disetiap kegiatan, apalagi dunia kerja. Ide merupakan suatu keharusan yang dimiliki oleh setiap karyawan. Bahkan, cuma karena “ide” bisa menunjang karir seseorang. Nah gimana sih caranya kembangin ide itu? Yuk kita simak:

Jangan pernah takut untuk mengeluarkan ide
Nah, ini kuncinya! Jangan pernah takut untuk mengeluarkan ide yang ada di pikiran kalian. Karena ide tidak akan terealisasi tanpa kalian mengutarakanya. Jangan pernah berfikiran juga bahwa “orang lain gak akan setuju dengan ide kita, percuma punya ide panjang lebar tapi gak di denger”. Udah pokoknya ungkapin dulu aja dan jangan takut! Masalah diterima atau gak nya itu urusan belakangan.

Memilih tempat, waktu dan suasana yang klop untuk mengeluarkan ide tersebut
Ini juga gak kalah penting, kita harus pinter melihat situasi sekitar tak kala kita ingin mengeluarkan ide. Dimana kita akan menuangkan ide tersebut? kepada siapa kita akan menuangkan ide yang kita punya? Dan dalam kondisi apa, misalnya pada saat meeting atau ketemu sama temen. Jangan bahas ide kepada orang yang lagi bete ya, karena sampe kapanpun ide kalian gak akan di denger *percaya deh*.

Mulailah dari diri sendiri
Setelah ide yang kita punya sudah di tuangkan, maka mulailah! Jangan ditunda-tunda. Kalau bukan dari kita yang mulai, mau siapa lagi? Karena cuma diri sendiri yang tau mau dibawa kemana ide tersebut.


Yakinlah dengan ide kita sendiri
Harus! Harus yakin dengan ide sendiri. Ya tentunya di seimbangin dengan action ya.

Perluas dan gali lagi ide yang ada dan yang sudah dijalanin
Ya dong harus! Perluas dan gali ide yang ada dan yang udah dijalanin, masa gak mau berkembang lebih lagi sih.. sayangkan, kalau punya ide mending dikembangin lagi daripada dipendem aja nanti malah kepikiran dan nyesel. Oh iya, ini tentunya kalau ide kita berjalan dengan baik dan lancar ya..

Jangan Pesimis dan Putus Asa
Kebalikan dari point di atas, Jika ide kita belum berjalan sesuai dengan rencana, gak usah khawatir, gak usah pesimis dan gak putus asa, mari kita coba lagi dan lagi seperti yang ada di kupon “coba lagi”. Atau bisa dengan melibatkan orang lain misalnya, karena manusia gak bisa hidup sendiri loh!

So? Masih takut untuk kembangin ide yang kamu punya? Harusnya sih gak ya? Please gak usah ditunda lagi, mumpung masih muda, masih punya kesempatan, masih bisa meng-eksplore lebih jauh lagi. Why not? Punya kemampuan, punya keahlian dan tentunya punya pikiran dong untuk menemukan sesuatu yang baru. Ayo selangkah lebih maju, masa mau gitu-gitu aja? Masa mau di atur-atur terus sih? Maukan sekali-kali jadi yang ngatur?

No comments

Post a Comment

© Plan and Budget
Maira Gall