Tuesday, December 17, 2019

Menjadi Freelancer, Siapa Takut?




Seperti yang kita tahu, freelancer dapat bekerja kapan saja, dimana saja tanpa ada paksaan dan dorongan dari atasan. Karena semua pencapaian dan deadline ditentukan oleh freelancer itu sendiri. Sistem kerja dan kreativitas seorang freelancer dapat menentukan keberhasilan mereka. Namun, keberhasilan seorang freelancer masih relatif, karena tingkat kepuasan setiap orang itu berbeda. Maksudnya adalah disaat seseorang memiliki target penghasilan minimal sama dengan penghasilan sebelumnya, mereka merasa puas, namun ada beberapa orang yang merasa hal tersebut belum puas dan bisa melakukan lebih untuk mendapatkan penghasilan yang lebih.


Menjadi freelancer yang sukses adalah impian setiap orang agar dapat bekerja sesuai passion, ditambah lagi dilakukan berdasarkan mood. Nah, kendala terbesar dari seorang freelancer adalah ketekunan dan kreativitas. Bisa dibilang tidak semua orang bisa menjadi seorang freelancer yang baik, ada beberapa orang lebih memilih disediakan dan tersedia dalam bekerja, seperti pekerjaan kantoran yang memiliki job desk yang sudah ada, deadline yang sudah ditentukan, sudah ada yang memikirkan tentang pemasaran produk/jasa, manajemen yang sudah di atur. Sedangkan, menjadi freelancer semua berawal dikerjakan sendiri tanpa bantuan orang lain. Berbeda jika usaha freelancer yang ditekuni sudah berkembang dan memiliki pengasilan yang cukup untuk menghire seorang yang profesional. Disitu lah tahapan mereka menjadi seorang entrepreneur.

Kita tidak akan membahas lebih jauh mengenai entrepreneur, kita akan membahas lebih jauh tentang freelancer itu sendiri. Karna menjadi freelancer membutuhkan sebuah plan dan budget yang matang. Tidak hanya pemikirian dan kesiapan yang matang melainkan budget sudah harus dipersiapkan jauh hari sebelum memutuskan berhenti bekerja kantoran.

Plan
Coba kalian pikirkan, adakah skill yang kalian miliki saat ini? Skill atau hobi yang kalian sukai. Seperti contoh, menulis, edit foto, menjahit, menggambar, berhitung, bersih-bersih, apa saja, bisa jadi apa saja. Sesuatu yang kalian suka, tidak harus sesuatu yang profesional dan bersertifikat. Sesimple hal tersebut merupakan hal yang kalian sukai dan bersedia melakukan hal tersebut dalam jangka waktu yang cukup lama. Jika sudah, catat, buat daftar jika banyak. Selanjutnya, think big a.k.a berfikir besar, kembangkan, saatnya berkhayal. Yes, gunakan imajinasi kalian. Ada pepatah yang mengatakan, ‘jika kalian bisa memimpikan hal tersebut, berarti kalian bisa mewujudkannya’. Karna semua kesuksesan yang exist sekarang berawal dari mimpi dan pemikiran seseorang. Tinggal apakah diri kita mau berjuang mewujudkannya?



Jangan percaya akan penilaian orang, yang menilai bahwa kalian memiliki batas, padahal sesungguhnya setiap manusia tak terbatas. Namun kepercayaan diri yang realistis itu penting. Jika kalian terus memikirkan hal tersebut berarti kalian bisa mengerjakannya. Orang lain hanyalah menilai dari sisi yang terlihat, tetapi mereka tidak dapat melihat apa yang ada di dalam diri kalian lebih dalam.

Inspirasi, bisa menjadi bantuan bagi orang-orang yang kurang kreatif. Teruslah mencari inspirasi untuk memperbesar dan mengembangkan mimpi kalian. Catat semua inspirasi yang datang, hal tersebut akan berguna dikemudian hari. Kreativitas yang tinggi diperlukan dalam pekerjaan freelancer, kita harus menjadi orang yang berbeda dari kebanyakan orang, kebanyakan ide, kebanyakan produk atau jasa dan lain sebagainya. Bahkan disaat anda tidak sedang merencanakan menjadi seorang freelancer, kita sebagai manusia harus tetap melihat sebuah inspirasi agar kita bisa terus bertambah ilmu dan pengetahuan. Bahkan disaat menulis artikel ini, saya sudah melihat lebih dari 10x inspirasi. Inspirasi bisa di dapat dari mana saja, bisa dari sosial media, kehidupan sehari-hari, buku, ngobrol dan lain sebagainya. Karena kesempatan tidak datang dua kali dan kita tidak pernah tahu kapan kesempatan itu datang. Jika disaat kesempatan itu datang, kita siap untuk menjalankannya.
Jadi, sebesar apa mimpi kalian?

Budget
Kita tidak bisa serta merta langsung berhenti bekerja kantoran disaat kita belum memiliki budget untuk hidup beberapa tahun kedepan. Setidaknya wajib mempersiapkan untuk kehidupan kita dikemudian hari. Tabungan dan persiapan sangatlah penting. Anggap saja tabungan ini merupakan investasi yang kita keluarkan untuk memulai menjadi freelancer. Solusi lain bagi kalian yang tidak bisa menabung, kalian bisa melakukan freelancer dan kerja kantoran secara bersamaan. Tunggu hingga freelancer sudah memiliki penghasilan yang diharapkan, barulah kita bisa berhenti dari regular job. Namun, hal tersebut memerlukan effort dan waktu yang cukup banyak. Mulailah dari hal yang sederhana. Done is more than perfect.



Berikut ini beberapa tips dan trik dari saya untuk menjadi freelancer yang baik:
1.       Menjadi luar biasa di 1 bidang
2.       Berani mengambil resiko
3.       Memiliki situs atau portfolio sendiri
4.       Tetap belajar dan terus belajar
5.       Bangun brand diri
6.       Memiliki workspace sendiri
7.       Perlakukan diri dan pekerjaan kita sebagai bisnis
8.       Promosikan prospek kita
9.       Mulailah sebagai sampingan

Kesimpulan, just do it, karna kita tak pernah tahu apakah kita akan sukses nantinya jika kita mulai melakukannya. Dijaman yang begitu cepat dalam perubahan, jangan menjadi orang yang pasif. Jangan mencoba mencapai kesempurnaan atau menjadi yang terbaik, tetapi cobalah belajar untuk unggul atau menguasai keahlian Anda, dan kesuksesan akan datang dengan sendirinya. Anda masih belajar, sampai hari ini, dan Anda masih akan belajar selama sisa hidup Anda. Good luck!

No comments

Post a Comment

© Plan and Budget
Maira Gall