Monday, July 23, 2018

Bosan Bekerja dan Bangun Usaha Sendiri



Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Asal kita memiliki niat yang kuat dan kerja keras, maka kerja keras tidak akan membohongi hasil. Tidak ada orang yang gagal, hanya ada orang yang menyerah akan hasil. Kita semua tahu bahwa memiliki sebuah usaha sendiri merupakan impian banyak orang, dan kita semua juga tahu bahwa butuh kerja keras dan keberanian untuk mewujudkannya.

Jika kita bisa membayangkan sebuah mimpi dan cita-cita, maka hanya orang tersebut yang bisa membangun mimpi dan cita-cita tersebut. Berawal-lah dengan sebuah mimpi. Mimpi yang tidak biasa. Mimpi yang belum pernah ada di dunia. Mimpi yang hanya kita menjalankannya di dunia ini. Apakah bisa? Ya bisa. Dibutuhkan kreatifitas yang tinggi dalam mewujudkannya. Agar menjadi orang yang kreatif, kita membutuhkan banyak pengalaman dan pengetahuan. Bekerja, sekolah, membaca buku, sering berdiskusi dan mengamati perkembangan teknologi merupakan beberapa cara yang bisa membuat kita menjadi kreatif. Kreatifitas dan mimpi yang tinggi merupakan satu kesatuan yang tidak bisa di pisahkan.


Pertanyaan jujur. Apakah kamu mencintai apa yang kamu lakukan?
Pertanyaan jujur membutuhkan jawaban jujur. Jika kamu menjawab 'ya, saya mencintai yang saya lakukan sekarang dengan terpaksa', percayalah tidak ada yang terpaksa di dunia ini, yang ada hanya kemauan orang tersebut. Terpaksa akan kebutuhan hidup, zona nyaman, ketakutan akan tidak memiliki penghasilan. Jika kamu saja melakukan hal dengan terpaksa namun bisa menghasilkan, apalagi jika melakukan hal yang kamu sukai.

Tidak semudah membalikkan telapak tangan memang dalam membangun sebuah usaha sendiri, namun disitu lah letak kerja kerasnya. Ada yang bilang, untuk mendapatkan mie instant saja kita butuh bergerak untuk merebus air dulu, baru memasak dan meletakkannya di piring. Apalagi membangun sebuah usaha sendiri. Jika kamu menjawab 'tidak, saya tidak mencintai apa yang saya lakukan', maka mari kita lihat tahap sebelum kamu keluar dari zona nyaman tersebut.


Tahap Sebelum Keluar dari Zona Nyaman
Nabung
Usaha besar bukan berarti membutuhkan modal yang besar. Kita bisa memulai dari modal seadanya, tapi tidak dipungkiri kita membutuhkan beberapa dana untuk memulai sebuah bisnis. Tentukan besaran dana di awal sebelum menabung dan mulai menabung. Coba untuk konsisten dan terus percaya bahwa bisnis bisa di bangun dari nol.

Mulai bangun usaha
Kerja keras dimulai sejak dini, saat dimana kamu masih bekerja. Kita bisa bangun sebuah usaha sambil bekerja. Dimulai dari menabung untuk mengumpulkan modal usaha hingga berakhir dengan usaha kecil-kecilan yang menghasilkan. Usaha kecil namun menghasilkan biasa nya memiliki umur yang tidak begitu panjang, namun sedang menjadi trend di masa nya. Coba untuk memulai dan mengerti isi dari sebuah bisnis yang mungkin bisa kita terapkan pada usaha inti kita nanti.

Memiliki penghasilan yang stabil
Penghasilan tidak harus besar namun harus stabil. Percuma memiliki banyak proyek besar namun tidak konsisten dalam menghasilkan proyek. Namanya juga usaha, kita harus tetap konsisten dalam berkarya dan menghasilkan sebuah profit ke usaha kita sendiri. Jangan tergoda dengan penjualan jumlah besar tetapi memiliki keuntungan yang kecil. Telaah kembali bussiness plan kita, apakah terdapat kesalahan dalam menjalankan sebuah usaha.


Jika kamu sudah memiliki penghasilan yang stabil dari usaha kecil-kecilan tersebut, berarti sudah saatnya kamu melakukan step berikutnya yakni resign. Berhenti bekerja di tempat kamu bekerja sekarang merupakan langkah terekstrim untuk dilakukan. Tidak mudah memang, namun itulah tujuan awal semuanya terbentuk. Menjadi karyawan bukanlah satu-satunya cara untuk mendapatkan penghasilan. Tapi memiliki karyawan juga tidak gampang. Tidak semua orang bisa menjalankannya. Terus belajar dan bekerja keras demi terjalinnya usaha yang sehat dan konsisten. Sudah saatnya kamu membangun mimpi yang sudah kamu pikirkan selama ini. Jangan melihat rumput tetangga yang lebih hijau, bisa jadi sintetis atau bisa jadi menggunakan sesuatu yang instant. Sesuatu yang di dapat secara instant bisa jadi akan hilang dengan instant juga. Maintance all stuff and make it grow. Bisnis sesungguhnya adalah bisnis yang terus memiliki perkembangan dari waktu ke waktu.

Kita semua berfikir bahwa kita mengenal diri kita dengan baik, tetapi studi psikologi menemukan hal sebaliknya. Bahkan, sebagian besar dari kita agak tertipu dengan diri kita sendiri. Lawan rasa takut, buktikan bahwa kamu bisa melakukan dan mewujudkannya. Dunia belum berakhir jika kita gagal. Ingat, kegagalan terjadi karena kita berhenti mencoba. Jangan pernah puas akan apa yang kita hasilkan, terus berkarya dan jangan lupa bersyukur. Good luck.

No comments

Post a Comment

© Plan and Budget
Maira Gall