Tuesday, July 17, 2018

PENTINGNYA PLAN DAN BUDGET


Sudah ngga jaman lagi yang namanya ngabisin gaji, sekarang itu jamannya investasi. Sekarang juga jamannya kreatif, kreatif dalam segala hal, baik itu dalam bekerja, menghasilkan uang hingga mengelola uang. Tidak banyak yang tahu bagaimana cara menyimpan atau mengelola uang dengan baik dan benar. Sebaliknya, banyak yang tahu bagaimana cara menghabiskan dan menghamburkan uang.

Kita dari Plan and Budget, ingin berbagi ilmu mengenai cara mengelola keuangan pribadi maupun usaha. Betapa penting nya sebuah plan dan juga budget dalam kehidupan sehari-hari, dimana dari plan dan budget tersebut akan menghasilkan laporan keuangan pribadi. Laporan keuangan? Yes!, laporan keuangan tidak hanya diperuntukkan untuk perusahaan-perusahaan besar saja, melainkan juga pribadi tiap individu maupun kelompok usaha. Kegunaannya? Sangat banyak!
Banyak pribadi yang sudah memiliki penghasilan, akan menghabiskan uang mereka untuk berbelanja dan membayar hutang. Dan sedikit di antara mereka, menggunakan gaji mereka untuk berinvestasi. Bagaimana dengan anda?

Bagi kebanyakan orang, cara mengelola uang dengan baik adalah dengan cara menabung (saving). Ada yang berpendapat bahwa dengan cara menabung dana tersebut juga bisa dijadikan dana talangan atau dana emergency dikemudian hari. Yang jadi pertanyaan, pengertian emergency disini sangat luas bagi tiap individu manusia di bumi ini. Ada yang bilang untuk dana kesehatan, ada juga yang bilang dana untuk sekolah bahkan ada juga yang bilang dana untuk SALE dadakan (biasanya yang senyum-senyum sendiri). Jika memang untuk dana kesehatan, kenapa tidak menggunakan asuransi jiwa murni (tanpa isu investasi) atau BPJS yang sudah jelas iuran murah dan banyak benefitnya. Intinya adalah kita harus menentukan dengan jelas kegunaan dari dana emergency pada saat awal kita melakukan penyisihan dana tersebut. Jika tidak ditentukan dengan jelas, maka dana tersebut sudah dapat dipastikan akan habis ditiap bulannya.

Well, sangat disayangkan jika kebanyakan dari kita belum mengetahui arti yang sesungguhnya dari mengelola keuangan dengan benar. Mengelola keuangan berarti kita kelola uang kita, dikelola minimal tidak berkurang dari segi nilai karena waktu dan inflasi, bisa juga dikelola agar bertambah banyak (ini merupakan keinginan semua orang). Jika dengan cara menabung, sudah jelas salah, dikarenakan dengan menabung kita tidak peduli dengan time value of money. Sebagai gambaran, uang Rp 10.000 hari ini bisa dipakai untuk membeli 1 liter beras, tapi belum tentu dengan uang Rp 10.000 kita bisa membeli 1 liter beras di 2 tahun kedepan, mungkin hanya dapat ½ liter beras. Belum lagi jika kita menabung di bank, dimana akan banyak sekali biaya administrasi bahkan pajak yang harus kita bayar. Hal tersebut akan menambah berkurang nya value of money tersebut. Investasi adalah satu-satu nya cara yang baik dan benar dalam mengelola keuangan. Ada banyak produk investasi bertebaran di luar sana, namun secara teori ekonomi investasi hanya terbagi menjadi dua yakni saham dan surat hutang atau yang lebih dikenal dengan sebutan obligasi.

PLAN
Wajib dari kita memiliki sebuah buku note yang berisi apa yang akan kita lakukan di hari esok, satu bulan kedepan, satu tahun ke depan bahkan 5 tahun kedepan. Note ini bertujuan untuk merencanakan hidup menjadi lebih tertata dan disiplin, bahkan bisa juga untuk kalian yang bingung bagaimana langkah untuk bisa ke tujuan masing-masing. Note tersebut bisa berisikan step-step, daftar belanja, daftar cita-cita atau keinginan dan catatan-catatan kecil pada umumnya. Namun, ada juga beberapa orang yang lebih nyaman tidak merencanakan hidup, melainkan hanya menjalankan saja apa yang ada di depan mata. Tapi tidak ada salah nya jika kita merencanakan sesuatu, terlebih lagi jika hal tersebut adalah cita-cita atau impian kita. Tahukah anda, dengan merencanakan sesuatu, secara alam bawah sadar kita akan membawa ke hal-hal yang sudah kita rencanakan tersebut. Dari sini kita akan tahu kemana arah hidup kita melangkah. Apa yang harus dilakukan lebih dulu dari segi prioritas. Di jaman sosial media sekarang ini, kita bisa manfaatkan untuk mencari inspirasi dalam mendapatkan goals dalam hidup kita. 

BUDGET
Plan dan budget adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Pada saat kita membuat plan tidak lengkap jika kita tidak membuat budget. Penting dalam menentukan budget dengan baik dan benar, baik yang berarti sesuai dengan kemampuan kita, benar yang berarti sesuai dalam pengalokasiannya. Tidak hanya plan yang memiliki kelompok prioritas, budget juga memiliki kelompok prioritas dalam penempatan dana. Memiliki plan di kelompok prioritas pertama bukan berarti kita harus memberikan alokasi dana yang besar, tetapi juga bukan berarti kita wajib memberikan sebuah dana. Di jaman yang kreatif ini, dana yang besar bukan lagi menjadi penghalang untuk menjalani usaha.


Budget disini bukan serta merta tentang mengeluarkan uang, budget disini berarti bagaimana kita mencari cara untuk mengeluarkan dana untuk plan tersebut seminimal mungkin dan se-efisien mungkin. Kita butuh mempelajari lebih jauh ilmu keuangan untuk bisa mengalokasikan dana yang tepat. Sebagai contoh, kita memiliki plan untuk membuka usaha tempat makan atau restaurant, maka kita membutuhkan pengetahuan lebih lanjut mengenai laporan keuangan perusahaan tempat makan atau restaurant yang sudah besar. Mengapa harus laporan keuangan, yes! Sebagai calon pemilik sebuah usaha, kita wajib mengetahui setidaknya dasar-dasar yang ada dalam laporan keuangan. Mbah google bisa menjadi solusi kalian dalam mempelajari apa sebenernya fungsi dan manfaat dari laporan keuangan. Jangan serta merta tentang omset, omset dan omset. Bisa jadi omset tinggi namun secara profit masih kecil bahkan minus. Soooo, full your brain with atleast knowledge. Untuk bekerja saja kita butuh kuliah dahulu, apalagi usaha.
Hal di atas merupakan gambaran kasar arti dari plan dan budget dari kami. Setiap orang memiliki pengertian masing-masing, namun secara garis besar menurut kami ya seperti di atas. Disaat kita memiliki pengetahuan atau ilmu tentang sesuatu yang menarik, pasti kita akan tertarik lebih untuk mengetahui hal tersebut. Nah, anggap saja Plan dan Budget merupakan hal yang menarik untuk kalian. Tidak ada ruginya dalam kehidupan sehari-hari kita membuat Plan dan Budget. Jika terwujud make it ‘check’, tapi jika tidak jangan bersedih, tetap bersemangat. Atleast kita sudah merencanakan dan melaksanakannya. Good luck.


No comments

Post a Comment

© Plan and Budget
Maira Gall