Wednesday, July 18, 2018

Apa itu NPWP dan Manfaat NPWP bagi Para Pekerja dan Pengusaha

Apasih NPWP itu? Bentuknya gimana? Apa kegunaannya? Penting kah?
Banyak diluar sana yang belum tau apa itu NPWP, sebagian mereka beranggapan bahwa NPWP itu sesuatu yang tabuh, padahal NPWP itu banyak sekali manfaatnya. Terlebih buat kalian yang berprofesi sebagai karyawan maupun pengusaha, NPWP bisa dikatakan sesuatu yang wajib dimiliki.

Bagi seorang karyawan, NPWP itu wajib hukumnya sebab mempengaruhi besarnya PTKP (Pajak Penghasilan Tidak Kena Pajak) dari penghasilan atau gaji yang kalian dapetin. Karena pada gak mau kan kalau gajinya dipotong gede-gede.

Dan untuk para pengusaha juga gak usah khawatir, karena banyak banget manfaat yang di dapat diantaranya : 
Dapat membuat SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan)
Pastinya sebagai pengusaha pengen dong usahanya diakui oleh negara? Untuk itu harus punya SIUP, nah salah satu cara untuk mendapatkan SIUP harus mempunyai NPWP. 

Dapat membuka rekening giro

Bagi para pengusaha rekening giro sangat perlu, karena dengan giro pengusaha dapat mencairkan sejumlah dana tertentu kepada orang yang ditunjuk hanya dengan selembar cek atau giro saja.

Mempermudah dalam pengajuan pinjaman modal ke bank

Pasti pada mau dong mengembangkan usahanya? Nah, disaat perencaan yang matang sudah dibuat, strategi udah ditangan, langkah yang di tempuh udah tau tetapi modal hanya segitu gitu aja. Jangan khawatir, bagi pengusaha bisa mengajukan pinjaman ke bank. Tetapi dengan syarat harus punya NPWP ya..

Mudah dalam menjalin kontrak dengan para pengusaha lain dan para investor

Dalam urusan kontrak mengkontrak antar pengusaha atau investor, NPWP menjadi kartu identitasnya. Dengan begitu potensi untuk dapat bekerjasama dengan pengusaha tidak akan terlewatkan begitu saja dong.

Lebih terlihat profesional dan terpercaya

Ini nih yang penting, harus terlihat profesional dan terpercaya dimata konsumen atau perusahaan lainnya!!! Karena orang bakal beranggapan bahwa “wah usahanya saja punya NPWP? Berarti taat peraturan, kalau taat peraturan berarti punya manajemen yang bagus nih!!” darisitu saja udah dapet nilai plus..    

Dan hal yang lebih ketjeh nya lagi, buat NPWP itu gampang bgt!! Gampang bgt bgt!! bisa dateng ke kantor pajak setempat ataupun ONLINE!! Huahh gampang kan, tinggal isi formulirnya saja (formulir)

So, masih mikir untuk buat NPWP? banyak manfaatnya loh.. gak usah pikir duakali untuk membuatnya.

No comments

Post a Comment

© Plan and Budget
Maira Gall